Konsuler Jepang Beri Penghargaan ke SMA Islam Athirah Bukit Baruga

By Ahmad Rajendra


Nusakini.com--Makassar--Kepala Konsuler Jepang di Makassar Yasue Katsunobu memberikan penghargaan kepada Naurah Mutiah siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga di Four Points, Jumat (17/2/23). 

Pemberian penghargaan itu atas keberhasilan juara pertama lomba esai persahabatan Jepang Indonesia tingkat SMA sederajat. Hal itu pula membuat SMA Islam Athirah Bukit Baruga menjadi salah sekolah yang unggul di bahasa Jepang. 

Wakil Kepala SMA Islam Athirah Bukit Baruga bidang Kurikulum Bakry Liwang bersyukur atas keberhasilan siswa SMA Islam Athirah bukit Baruga juara 1 lomba menulis esai persahabatan Indonesia Jepang tingkat SMA/SMK. 

"Hal ini tentu tidak lepas dari bimbingan guru bahasa Jepang.Untuk diketahui Sudah sejak lama kami memperkenalkan budaya Jepang ke seluruh siswa melalui pembelajaran bahasa Jepang, dan Bahasa asing lainnya seperti bahasa Arab, bahasa Perancis, bahasa Jerman,"tuturnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan terkhusus bahasa Jepang di SMA Islam Athirah bukit Baruga termasuk bahasa pilihan dengan peminat terbanyak kedua setelah bahasa Arab. "Dalam penguatan program bahasa dan budaya Jepang pernah mendatangkan native dan juga kunjungan belajar langsung di konjen Jepang yang ada di Makassar," Jelasnya. 

Untuk itu, ia berharap tahun ini karena berhasil juara 1 dan mendapatkan piala Bergilir konjen Jepang dan Pemprov Sulsel maka tentu menjadi penyemangat untuk dipertahankan. "Hasil pencapaian ini senantiasa memotivasi siswa untuk belajar bahasa dan budaya Jepang baik melalui program kurikuler maupun kokurikuler," Tandasnya. 

Sementara itu, Pembina sekaligus Guru Bahasa Jepang SMA Islam Athirah Bukit Baruga Musyorafah mengatakan Naurah menulis secara mandiri terkait ide tulisan dan mengirim ke email yang ada di flyer lomba esai. 

"saya menjelaskan terkait juknis pada seluruh siswa pada pelajaran bahasa Jepang. Selain itu menjelaskan pilihan tema yang ada dan selebihnya ananda yang menulis secara mandiri, dan ananda semakin banyak membaca dan update terkait isu terkini, khususnya tentang persahabatan Jepang dan Indonesia." Tuturnya. 

Lebih lanjut, ia berharap prestasi menjadi pemicu siswa semakin banyak yang berpartisipasi di ajang itu. "Semoga semakin banyak peserta didik di SMA Islam Athirah yang berpartisipasi dalam lomba esai persahabatan Jepang dan Indonesia, " Tutupnya. 

Diketahui, SMA Islam Athirah Bukit Baruga keluar sebagai juara pertama, disusul oleh SMK Laniang Makassar peringkat kedua dan SMAN 2 Soppeng duduki peringkat Ketiga.(rilis/rajendra)